Work in Comfort with Astri Puji Lestari

Setahun belakangan telah mengubah cara kita melakukan berbagai hal. Pun cara kita melihat berbagai hal. Kita semakin atentif terhadap hal-hal yang kecil nan sederhana. Hal-hal yang di hari-hari biasa acap kali luput dari perhatian kita. Hal-hal yang tidak selalu terlihat, tetapi pasti dapat dirasakan. Hal-hal seperti kenyamanan.

Hari-hari kita berada di rumah membuat kita mendambakan kenyamanan dalam bentuk-bentuk yang riil dalam keseharian. Dalam periode ini pula kita merasa kenyamanan fisik terkoneksi langsung dengan kenyamanan pikiran dan jiwa kita.

Dua hal yang menjadi pilar utama bekerja secara produktif. Bersama Astri Puji Lestari, SARE/ studio berbincang mengenai makna bekerja dengan nyaman, Work In Comfort. Bagaimana cara ia memandang produktivitas dan pekerjaannya untuk terus merasanya content? Simak percakapannya berikut.

Menurutmu, apa makna menjadi produktif?
Sebetulnya aku melihat diriku sendiri bukan termasuk orang yang terobsesi untuk harus produktif. Being productive for me is being consciously present in what i’m doing, termasuk (belajar untuk) calmly acknowledging and accepting my feelings and thoughts while engaged dengan hal-hal yang sedang dilakukan.

Apa filosofimu dalam bekerja?
Rasanya sih ga ada filosofi khusus ya, tapi secara general aku selalu tertarik dengan teori 'wabi-sabi', yang ditandai dengan dengan penerimaan dan perayaan akan ketidaksempurnaan, impermanence, dan incomplete. Karena dalam proses bekerja/mendesain rasanya hampir enggak pernah ada proses yang benar-benar selesai dan benar-benar sempurna.

Pekerjaan seperti apa yang membuatmu merasa content?
Pekerjaan apapun yang disadari intensinya, punya tujuan, dan manfaat yang jelas, bikin happy & hati damai, sehingga dilakukan sepenuh hati.

 

Seperti apa rutinitasmu bekerja dari rumah sehari-hari?
Pada dasarnya aku termasuk orang yang suka dengan keteraturan. Tetapi setelah hidup dengan bayi rasanya teratur jadi hal yang sulit buat didapatkan. Sekarang flow kerja di rumah jadi sangat fleksibel. Ada hari-hari di mana bisa kerja dengan sangat content dan nikmat. Tapi juga ada hari-hari yang mambuat rasanya enggak mampu lagi sehingga memilih untuk enggak kerja sama sekali.

Apa saja 5 hal yang tidak bisa dipisahkan dari rutinitasmu bekerja dari rumah? Kenapa?

  • Air putih minimal 1,5 liter ditaro dalam juga dalam akses yang mudah dari tempat kerja—supaya alasan-alasan kurang minum gara-gara kelupaan bisa diminimalisasi.
  • Gadget, beserta listrik dan internet untuk mengaksesnya—pernah listrik dan internet mati sekitar 4 hari. Terbukti kerjaanku amburadul hahahahaha.
  • Rumah dalam keadaan bersih dan rapi—clutter can make me feel stressed, anxious and depressed and physical clutter lead to emotional and mind clutter.
  • Kombinasi mint esssntial oil dan lagu-lagu favorit/instrumental—lumayan banget buat memperbaiki suasana hatiku secara instan!!
  • Baju yang nyaman, lighting yang cukup, dan sirkulasi udara yang baik. Tiga hal terakhir ini aku bahkan enggak tahu harus pilih yang mana yang paling penting hahaha. Selalu suka ide untuk kerja dan kena paparan sinar matahari, sebagai tim enggak kuat pake AC sirkulasi udara yang baik tentu jadi pilihan banget! Lalu yang terakhir: baju yang nyaman kayaknya udah suatu keharusan sih hahahaah.


Apakah kamu termasuk orang yang dress up saat bekerja dari rumah? Why do you feel the need to dress up?
Sejujurnya enggak, sih. Buatku lebih penting nyaman dan bersih. Mandi, pakai skincare tipis-tipis, pakai baju yang bersih dan nyaman, pastiin rumah dalam keaadan bersih dan rapi. Enggak lupa juga untuk memastikan perut sudah terisi supaya fokus kerja dan enggak cranky atau jadi mikirin makanan melulu Itu sih hal yang penting untukku hehe.

What is your go to outfit while working at home?
Baju yang bersih, nyaman, enggak kusut dan sesuai konteks masih jadi keyword utamaku untuk pakaian bekerja di rumah.

How do you like #EverydayPajamas?
Like banget! #EverydayPajamas jelas mewakili semua keyword-ku di atas haha. Salah satu yang paling kusuka karena ada pilihan potongan yang panjang tapi tetap dengan material yang nyaman (baca: adem + eco-friendly!). Mau meeting langsung pake jilbab, beres meeting mau nyuci bisa lepas jilbab dan gulung bagian tangan, mau laptopan lagi juga enggak masalah tanpa ganti-ganti baju dulu 🖤

Bagaimana kamu menghabiskan waktu istirahat?
Aku selalu suka istirahat dalam keadaan bersih dan tanpa terlalu banyak distraksi. Istirahat enggak selalu diartikan tidur. Kadang meditasi 10 menit atau bengong sambil minum anget juga recharge sih.

 

Astri Puji Astuti mengenakan koleksi SS Line & Camo, terbuat dari Lenzing™ EcoVero™. Lihat koleksinya lebih lengkap di sini.