Work in Comfort with Alvina Olivia

Setahun belakangan telah mengubah cara kita melakukan berbagai hal. Pun cara kita melihat berbagai hal. Kita semakin atentif terhadap hal-hal yang kecil nan sederhana. Hal-hal yang di hari-hari biasa acap kali luput dari perhatian kita. Hal-hal yang tidak selalu terlihat, tetapi pasti dapat dirasakan. Hal-hal seperti kenyamanan.

Hari-hari kita berada di rumah membuat kita mendambakan kenyamanan dalam bentuk-bentuk yang riil dalam keseharian. Dalam periode ini pula kita merasa kenyamanan fisik terkoneksi langsung dengan kenyamanan pikiran dan jiwa kita.

Dua hal yang menjadi pilar utama bekerja secara produktif. Bersama Alvina Olivia, SARE/ studio berbincang mengenai makna bekerja dengan nyaman, Work In Comfort. Alvina adalah satu dari sedikit orang yang kini mendapatkan kesempatan untuk terus melakukan hal yang memberikannya kepuasan batin. Baca percakapannya dengan SARE/ studio berikut.

Menurutmu, apa makna menjadi produktif?
Menjadi produktif buat saya sesederhana ketika usaha saya untuk menjalankan rencana yang sudah dibuat berhasil. Tapi bukan berarti selalu kerja gila-gilaan setiap saat, tapi kerja yang maksimal di saat yang sesuai dengan tujuan.

Apa filosofimu dalam bekerja?
Saat bekerja dengan klien saya mencoba fokus, resourceful, dan reflektif. Saya juga percaya, seperti hal lain dalam hidup, there’s always going to be ebb and flow. Nikmati prosesnya, sebab selalu ada hal yang bisa kita dapatkan dari itu. Selalu.

Pekerjaan seperti apa yang membuatmu merasa content?
I’m content with what I do now. I help people achieve some of their goals in life. I educate, but it’s me who learns everyday. For me this is fulfilling.

Seperti apa rutinitasmu bekerja dari rumah sehari-hari?
I change up my routine often. Saya tidak selalu melakukan rutinitas yang sama persis sepanjang tahun karena saya percaya hidup ini dinamis dan banyak perubahan. Jadi kita juga sebaiknya bisa beradaptasi mencari keseimbangan. Namun, biasanya, this is my routine:

  • Bangun pagi pukul 06.00 atau 06.30.
  • Saya bersiap-siap dan mengenakan pakaian olahraga, kemudian jalan-jalan sebentar selama 45-60 menit.
  • Then I prepare breakfast after a quick shower.
  • Saya dan semua saya kemudian sarapan pukul 08.00.
  • Kemudian saya mulai membalas pesan-pesan, email, dan DMs.
  • Saya lalu memulai hari. Kebanyakan berisi check-in dengan klien dan coaching calls. Namun di hari-hari tertentu saya tidak punya jadwal telepon dan mengalokasikannya untuk proses kreatif.
  • Hampir selalu, saya juga berolahraga di siang jelang sore hari.


Apa saja 5 hal yang tidak bisa dipisahkan dari rutinitasmu bekerja dari rumah? Kenapa?

  • My daily meditation app. Saya menggunakan Abide dan Insight Timer. Ini hal yang amat penting buatku.
  • Laptop saya. Sebab benda yang satu ini tempat saya menyimpan semua pekerjaan setiap hari.
  • Pakaian yang nyaman! Bagiku kenyamanan adalah hal utama, dan aku selalu mencari hal-hal yang bisa meningkatkan kenyamananku di rumah. Pakaian jadi salah satu prioritasku dalam hal ini. I mean, it has direct contact to my skin 24/7.
  • Musik. Sebab musik bisa menjadi penanda aktivitas yang berbeda. Dia bisa membantu saya fokus, menenangkan pikiran yang sibuk, di saat yang lain juga ia bisa memacu saya mengeluarkan “beast mode” saya saat berolahraga.
  • Susu almon saya, @halfful.id. Saya suka membuat es kopi susu dengan campuran ini sembari membuat video proses pembuatannya. It’s soothing to watch.

Apakah kamu termasuk orang yang dress up saat bekerja dari rumah? Why do you feel the need to dress up?
Hmm I don’t dress up like I’m about to go somewhere. Tapi saya selalu suka mengenakan set pakaian yang nyaman dan terlihat proper. Kenapa? Karena untuk saya kenyamanan di rumah adalah hal yang paling penting. Bahan menjadi salah satu penentu. Bahan yang lembut dan breathable dengan warna-warna serta motif netral adalah favorit saya.

What is your go to outfit while working at home?
You’ll find me in either my workout clothes or my comfy lounge wear. Ya, hanya dua itu sih sebetulnya hahaha. Ini kenapa saya senang sekali ketika SARE Studio mengajak berkolaborasi. Sebab saya selalu suka dengan produk mereka.

How do you like #EverydayPajamas?
I like the fact that they are as comfortable as pajamas, yet I don’t look like I’m in my pajamas all day.

Bagaimana kamu menghabiskan waktu istirahat?
I respect my down time a lot. Istirahat buat saya berarti meminimalisasi penggunaan gadget. Fokus dengan momen yang sedang dijalani, dan jika dibutuhkan mengambil waktu seutuhnya untuk diri sendiri. Mengerjakan apa yang dikehendaki; menonton Netflix, olahraga, mengobrol dengan suami, membaca buku atau sekadar rebahan bengong tanpa tujuan. Whatever I need to temporarily detach myself from work and responsibilities.

 

 

Alvina Olivia mengenakan koleksi SS Line & Camo, terbuat dari Lenzing™ EcoVero™. Lihat koleksi lengkapnya di sini.