Turunkan Tingkat Stress dengan Ciptakan Healing Space

Selama lebih dari satu setengah tahun ini, hampir seluruh dari kegiatan sehari-hari yang kita lakukan—mulai dari bangun tidur, bekerja, belajar, bersosialisasi, hingga kembali tidur—berpusat di rumah. Karena itu, kita membutuhkan area di mana kita bisa merasa aman dan nyaman untuk melewati hari-hari yang cenderung tidak pasti.

Salah satu tantangan terbesar dari berkegiatan di rumah adalah membuat batasan antara area istirahat dan bekerja, yang tidak jarang jadi memicu rasa stres. Jika kamu merasakan hal yang sama, kamu tidak sendirian. 

Banyak cara yang bisa dicoba untuk membuat kegiatan di rumah, terutama work-from-home, lebih bearable atau bahkan menyenangkan, salah satunya adalah menciptakan healing space di rumah. 

SARE/ studio berkesempatan untuk mengajak Niken Suryo, seorang praktisi self-healing, untuk berbagi informasi seputar hubungan sebuah ruang dan proses penyembuhan.

Healing space adalah ruang yang membangkitkan mind, body, and spirit. Ruangan ini diperuntukkan untuk mendukung segala hal yang berhubungan dengan penyembuhan,” jelas Niken. “Meskipun healing merupakan sebuah proses perjalanan yang sangat pribadi, namun lingkungan memiliki pengaruh terhadap perilaku yang berdampak pada penyembuhan.” Berikut adalah cara menciptakan healing space di rumah yang bisa dicoba.

Menghadirkan suasana alam

Pemandangan alam secara universal diyakini dapat membawa ketenangan. Cara mudah untuk menghadirkan suasana alam di rumah kita adalah dengan mendekorasi sudut ruangan dengan tanaman hias yang menstimulasi panca indera. 

Mendekorasi ruangan dengan arti

Supaya rumah makin terasa hangat, berikan sentuhan personal seperti foto keluarga, simbol-simbol religius, atau hasil prakarya diri sendiri. 

Menyederhanakan hidup

Mendekorasi rumah memang menyenangkan. Tapi kita juga harus tetap fokus pada kebutuhan utama, dan tidak hanya membeli sesuatu karena alasan keinginan.

Memilih warna ruangan yang sesuai

Dalam hal memilih warna ruangan, selain memperhatikan komposisi warna, kita juga harus memastikan bahwa warna yang dipilih juga sesuai dengan kepribadian kita sebagai pemilik rumah.

Mendekorasi ruangan dengan pencahayaan yang temaram

Menata cahaya pada setiap ruang di rumah bukan sekadar menempatkan lampu pada sudut-sudut ruang, tapi juga harus mem­perhatikan suasana yang ingin dibangun. Dengan menggunakan pencahayaan yang temaram, kita bisa merasa lebih rileks saat di rumah.

Perlu diingat, lingkungan tidak bisa serta-merta menghasilkan penyembuhan, tapi membuat nuansa rumah yang lebih nyaman dan tertata dapat mendukung respon fisik dan emosional yang positif dan menjadi bagian dari langkah awal menuju penyembuhan.

Temukan lebih banyak informasi mengenai healing space di akun Instagram Niken.

 

Foto oleh Niken Suryo, via Instagram @nikenuniverse. Niken mengenakan #EverydayPajamas dari koleksi Classic Black. Lihat koleksi selengkapnya di sini.