SARE studio In Conversation with Ayang Cempaka

Awal tahun ini kami memulai kolaborasi baru bersama kawan lama. Orang yang jauh di mata, tetapi selalu dekat di hati kami, Ayang Cempaka. Guratan garisnya yang imajinatif dan ilustrasinya yang sarat warna tak henti-hentinya menginspirasi kami.

Waktu berselang dan lahirlah koleksi kolaborasi kami dan Ayang. Hasil memang tak akan mengkhianati prosesnya. Dibuat dengan riang, berlandaskan hasrat, dan kecintaan yang sama, berikut ini obrolan kami dengan Ayang tentang cerita di balik edisi teranyar SARE Studio x Ayang Cempaka.

Kenapa SARE Studio? 

Karena aku diajak berkolaborasi lagi oleh kalian. Why not? I’m a homebody and also a HUGE fan of loungewear and PJs!

 

Bagaimana prosesmu mendesain motif untuk kolaborasi terbaru bersama SARE Studio? Mengapa Clove dan Checker?

Awalnya Cempaka dan Andam kasih ide untuk bikin sesuatu yang berbeda, something very Indonesia dengan gayaku. Maka jadilah cengkih (Clove). Kalau Checker, idenya datang dari Andam untuk dipadukan dengan Clover, and I love it

Apa yang membuatmu jatuh cinta dengan proses menggambar?

Karena bisa bikin apa aja, literally APA AJA yang ada di imajinasiku, dan semuanya dari A-Z bisa aku kerjakan sendiri tanpa perlu menunggu orang lain.

 

Kamu seorang ilustrator profesional. Apa yang tadinya hanya hobi, sekarang menjadi pekerjaan utama. Bagaimana caramu untuk tetap terinspirasi dan hal apa yang paling membuatmu terinspirasi?

I wish aku bisa terinspirasi setiap hari setiap saat. Kenyataannya ya, enggak. I have life, kids. Kalau ngerjain commission buat klien rasanya lebih gampang, daripada bikin project sendiri, menurutku ya. 

Kalau sudah terlalu sering mengerjakan commission, aku struggle buat balik ke path Ayang Cempaka yg artist. It takes time. Biasanya aku akan mengerjakan seri selama masa transisi itu, transisi between commission ke artist, my inner self, seperti waktu bikin #MuseumRedrawChallenge, dan sekarang kebetulan juga sedang agak ngeblok, jadi aku bikin series #ThisIsDubai.

Let’s get nostalgic, apa pakaian SARE pertamamu? 

SARE pertamaku kayaknya namanya Mappi, warna hitam, kado dari Saski dari @RumaManis. 

 

Jika kamu hanya bisa mengenakan koleksi SS x AC sepanjang hari, yang mana pilihanmu?

Mappi sama semua celananya! Terbukti ini celana aku pakai dari siang sampai malam, terus besok paginya aku pakai lagi ke pantai. Nyaman banget untuk iklim musim panas Dubai.

 

What’s the perfect stay-at-home day for you?

At home with my family and close friends!

Rumah biasanya identik dengan tempat asalmu. Namun, sekarang setelah kamu tinggal jauh dari Tanah Air, apa makna rumah bagimu?

Where my kids, husband, cats, something with woods, greenery, and a piece or two from Indonesia are!

How do you like your pajamas? 

Buttoned, up and bottom, rayon, breathable, well made, motifnya enggak terlalu ramai. Yang pasti, mesti nyaman.

Kalau mesti memilih antara kedua motif dari koleksi SAREStudioxAyangCempaka, mana yang kamu pilih? Checker atau Clove? 

BOTH! 




Lihat koleksi penuh SARE Studio x Ayang Cempaka di sini.