Redakan Stres dengan Lakukan Teknik Self Healing

Kegiatan yang menumpuk dan tidak bisa dihindari seringkali menimbulkan lelah dan juga stres. Namun, kerap kali kita mengabaikannya yang kita alami, dengan pikiran bahwa rasa tersebut akan segera hilang dengan sendirinya. Padahal membiarkannya berlarut-larut dapat berdampak pada kondisi fisik dan mental kita.


Mengetahui kapan tubuh dan pikiran kita harus beristirahat merupakan salah satu kunci penting agar kesehatan terjaga. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk beristirahat dan memperoleh relaksasi, salah satunya dengan mempraktikkan Jin Shin Jyutsu


Pada kesempatan online community event SARE di Rumah, Holistic Healing Practitioner sekaligus sosok yang dekat dengan SARE/ studio, Diwien Hartono, menjelaskan cara mempraktikkan dan manfaat Jin Shin Jyutsu bagi energi serta kesehatan mental dan fisik.


Jin Shin Jyutsu (JSJ) adalah seni penyembuhan berasal dari Jepang dengan cara mengharmonisasikan energi melalui sentuhan yang lembut. Seni penyembuhan tradisional kuno ini ditemukan kembali oleh Jiro Murai pada awal 1900-an. Teknik ini pun termasuk praktik self-healing karena untuk mengaplikasikannya tidak membutuhkan alat bantuan.


“Organ di dalam tubuh kita secara energetik berhubungan erat dengan emosi. Kekhawatiran mempengaruhi limpa dan pencernaan. Ketakutan mempengaruhi ginjal dan kantung kemih. Kemarahan mempengaruhi liver dan kantung empedu kita. Kesedihan mempengaruhi usus besar. Ambisi (berlebih) mempengaruhi jantung dan usus kecil. Salah satu Teknik dari JSJ, yang disebut magic fingers dapat membantu untuk mengharmonisasikan emosi-emosi tersebut,” ujar Diwien.


Jika dilakukan dengan benar, kita hanya memerlukan waktu lima menit untuk memperoleh relaksasi melalui jari-jemari kita. Supaya manfaat Jin Shin Jyutsu lebih terasa, Anda disarankan untuk melakukan teknik tersebut sebelum tidur dan sambil berbaring. Pastikan lingkungan Anda mendukung suasana menjadi lebih nyaman, baik itu dengan mengusapkan essential oils atau mengenakan pakaian tidur yang nyaman yang dapat membantu tubuh terasa lebih rileks.