Mengenal Mindfulness dan Manfaatnya untuk Redakan Stres

Belakangan ini, rasanya istilah mindfulness sudah tidak asing lagi di telinga. Praktik ini disebutkan bisa membantu kita untuk melatih kemampuan kita dalam mengatur emosi hingga mengurangi stres, yang seringkali kita hadapi selama setahun belakangan ini.

Mindfulness adalah momen kesadaran di mana kita fokus untuk menghidupi waktu masa ini. Pada dasarnya, kita diajak untuk lebih mawas diri terhadap kondisi sekitar, perasaan, dan berbagai persoalan yang sedang kita hadapi.

Pada acara virtual SARE di Rumah 14 Oktober 2021 lalu bersama Raden Prisya, praktisi mindfulness dari Mind Revive Indonesia, kami berkesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai mindfulness dan manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari.

“Stres adalah respon alami dari tubuh kita terhadap situasi yang dianggap sebagai tantangan atau ancaman bagi kesehatan atau kesejahteraan. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala fisik seperti peningkatan denyut jantung, otot tegang, gelisah, hingga kepekaan terhadap informasi negatif,” jelas Prisya. Dengan mempraktikkan mindfulness, kita bisa berhenti sejenak untuk mengambil napas dan memeriksa suasana hati dan pikiran.

Namun, Prisya menambahkan, praktik mindfulness tidak serta-merta menghentikan pikiran kita atau membuat kita menjadi santai. “Stres bisa berkepanjangan jika stres respons kita tidak diregulasi. Untuk memecahkan masalah, bukan kondisinya yang harus diubah, tapi kesadaran kita,” ujar Prisya.

Temukan lebih banyak informasi mengenai mindfulness dan penerapannya di akun Instagram @radenprisya, dan nantikan SARE di Rumah community event berikutnya di bulan Desember!