Journey to an All Around Wellness

Wellness atau kesehatan bukanlah tujuan, tetapi sebuah perjalanan. Prosesnya berlangsung dan perlu terus diusahakan. Wellness juga tidak hanya berkaitan dengan satu hal. Holistic Healing Practitioner, Diwien Hartono menjelaskan kesehatan yang menyeluruh mencakup kesehatan jiwa, energi, batin, dan fisik. 

 

Olahraga yang cukup dan diet yang sehat akan membantumu menjaga kesehatan fisik dan energi. Namun selain itu, kesehatan elemen-elemen lain juga patut dijaga. Fungsinya untuk menjaga keseimbangan antar elemen. Kesehatan jiwa dan batin misalnya bisa dilakukan dengan menghadapi permasalahan-permasalahan dan trauma-trauma. Indikator keseimbangan kesehatan empat elemen tersebut adalah kualitas tidur yang baik.


Sebaliknya, Diwien Hartono menjelaskan, kualitas tidur yang baik bisa membantu menyeimbangkan kesehatan empat elemen tersebut. Ia juga menekankan pada term kualitas. Jadi ini bukan seberapa lama kamu tertidur, melainkan seberapa berkualitas. “Kalau misalnya kita tidur sudah lama sekali tapi ketika bangun tetap merasa kurang cukup tidur dan terbebani, berarti kualitas tidur kita terganggu. Hal ini bisa jadi tanda adanya trauma atau unsolved problem dalam diri kita,” jelas Diwien Hartono.


Ada beberapa kendala untuk mendapatkan tidur berkualitas. Mulai dari overthinking akibat perubahan gaya hidup, hingga berkurangnya kesehatan fisik. Yang pertama disebut boleh jadi yang paling sering terjadi. Untuk itu, Diwien menjelaskan pentingnya untuk mengekspresikan diri sebelum tidur. 


“Pikiran kita bisa dituangkan dalam bentuk journaling atau expressive writing. Dengan melakukan itu, kita menuangkan apapun yang ada di dalam pikiran kita. Tidak masalah apakah grammar salah, atau kata-kata yang digunakan halus atau kasar. Yang penting kita mengosongkan apa yang ada dalam kepala kita,” ujar Diwien.


Selain itu, hal lain untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah dengan memilih pakaian tidur yang nyaman. Tentu saja. Piyama dengan material yang nyaman dan sejuk membuat kulit lebih mudah bernapas, sehingga tidur jadi lebih nyenyak.


Foto oleh Levina Purnamadewi. Levina mengenakan #EverydayPajamas dari koleksi Black Fruit. Lihat koleksi selengkapnya di sini.